Digital Movie/Cinema sebagai New Media


Definisi New Media

        Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Manfaat media adalah memudahkan sesorang untuk memperoleh sesuatu yang di cari yang biasanya kita cari langsung dari tempatnya kini sudah tidak begitu lagi, kita bisa memesan barang melalui fasilitas internet ataupun menghubungi customer service. dan juga bagi mahasiswa dan pelajar adalah penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga, meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.

Perkembangan New Media

        Selama tahun 2000, internet telah memasuki fase yang disebut web 2.0. (web two point-oh), dimana semua menjadi lebih interaktif dan telah menjadi area untuk semua orang, tidak hanya milik beberapa pihak saja. Semua orang saat ini dapat langsung mengambil peran dan menaruh apapun kedalam internet. Perkembangan web 2.0 sebagai platform telah mengubah sifat interaktivitas di web dan membuka alam semesta bagi pengguna media. Sedangkan metafora halaman web 1.0 hanya diperbolehkan untuk mengunduh informasi sejalan dan karena itu tidak berbeda dengan konsumsi media penyiaran, aplikasi web 2.0 memungkinkan pengguna untuk menjadi produsen otonom. Blog, Youtube, Wikipedia, Ebay, Flickr, Second Life dan situs jaringan sosial online lainnya seperti memungkinkan pengguna media untuk memiliki pengalaman siaran. Pentingnya Web 2.0 adalah media siar menghasilkan sebuah konteks hubungan sosial instan nasional atau internasional, ada beberapa cara di mana individu mendapatkan interaksi berharga untuk membuat koneksi global secara nyata. Faktanya bahwa pengguna sekarang dapat bekerja dengan materi media siar sebagai sebuah cara mengembangkan ide pada ruang publik. Salah satu bagian dari new media adalah “Network Society”. “Network society” adalah formasi sosial yang berinfrastuktur dari kelompok, organisasi dan komunitas massa yang menegaskan bentuk awal dari organisasi dari segala segi (individu, grup, organisasi, dan kelompok sosial). Dengan kata lain, aspek mendasar dari formasi teori ini adalah semua yang memiliki hubungan yang luas secara kolektivitas.

Manfaat New Media

  1. Bidang Sosial
    Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.
  2. Bidang Industri/Dagang
    Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/ mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
  3. Bidang Pendidikan
    Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
  4. Bidang Lowongan Kerja
    Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.


NETFLIX
netflix

Netflix merupakan penyedia layanan hiburan terkemuka di dunia dengan 130 juta keanggotaan di lebih dari 190 negara, menyuguhkan serial TV, dokumenter, dan film panjang dalam berbagai genre dan bahasa. Anggota dapat menonton sepuasnya, kapan pun, di mana pun, melalui layar apa pun yang terhubung ke Internet. Anggota dapat memutar, menjeda, dan melanjutkan tayangan tanpa iklan atau komitmen.

Perkembangan NETFLIX

  • 1997 – Reed Hastings dan eksekutif perangkat lunak Marc Randolph mendirikan Netflix secara bersama-sama untuk menawarkan penyewaan film online.
  • 1998 – Netflix meluncurkan situs web penyewaan dan penjualan DVD pertama, yaitu netflix.com.
  • 1999 – Netflix memulai debut layanan berlangganan, menawarkan penyewaan DVD tak terbatas dengan paket bulanan yang murah.
  • 2000 – Netflix memperkenalkan sistem rekomendasi film yang dipersonalisasikan. Sistem ini menggunakan nilai yang diberikan anggota Netflix untuk memprediksi pilihan secara akurat bagi semua anggota Netflix.
  • 2002 – Netflix membuat penawaran umum perdana (IPO di Nasdaq di bawah ticker “NFLX” dengan 600.000 anggota di AS).
  • 2005 – Jumlah anggota Netflix meningkat menjadi 4,2 juta.
  • 2007 – Netflix memperkenalkan layanan streaming, yang memungkinkan anggota menonton langsung acara TV dan film di komputer pribadi mereka.
  • 2008 – Netflix bermitra dengan perusahaan elektronik konsumen untuk melakukan streaming di Xbox 360, pemutar Blu-ray, dan dekoder TV.
  • 2009 – Netflix bermitra dengan perusahaan elektronik konsumen untuk melakukan streaming di PS3, TV, dan perangkat lain yang terhubung ke Internet.
  • 2010 – Netflix bisa dinikmati melalui iPad, iPhone, dan iPod Touch Apple, Nintendo Wii, dan perangkat lain yang terhubung ke Internet. Netflix meluncurkan layanannya di Kanada.
  • 2011 – Netflix diluncurkan di seluruh Amerika Latin dan Karibia.
  • 2012 – Netflix bisa diakses di Eropa, termasuk Inggris, Irlandia, dan negara-negara Nordik. Netflix menyabet Penghargaan Primetime Emmy Engineering pertamanya.
  • 2013 – Netflix memperluas layanan ke Belanda. Di tahun yang sama, Netflix memborong 31 nominasi Primetime Emmy, di antaranya untuk serial drama luar biasa, serial komedi, dan dokumenter atau spesial nonfiksi masing-masing untuk “House of Cards”, “Orange is the new black”, dan “The Square”. House of Cards berhasil mengantongi tiga Penghargaan Primetime Emmy. Netflix menjadi jaringan TV Internet pertama yang dinominasikan untuk Primetime Emmy.
  • 2014 – Di tahun 2014, Netflix diluncurkan di 6 negara baru di Eropa (Austria, Belgia, Prancis, Jerman, Luksemburg, dan Swiss). Netflix meraih 7 penghargaan Emmy Creative Arts untuk House of Cards dan Orange is the New Black. Netflix kini memiliki lebih dari 50 juta anggota di seluruh dunia.
  • 2015 – Netflix diluncurkan di Australia, Selandia Baru, dan Jepang, dengan ekspansi lanjutan ke seluruh Eropa meliputi Italia, Spanyol, dan Portugal. Film panjang Netflix original pertama “Beasts of No Nation” dirilis.
  • 2016 – Netflix tersedia di seluruh dunia.

Kelebihan Netflix
1. Kelengkapan koleksi konten
2. Tersedia beberapa fitur yang memanjakan pengguna
3. Harga lebih terjangkau
4. Dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja

Kekurangan Netflix
1. Harus menggunakan kartu kredit
2. Harus memiliki akses internet yang cepat dan stabil
3. Kualitas video tidak stabil


Daftar Pustaka

http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/42287/Chapter%20II.pdf?sequence=4

http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/06/Junal%20Rudi%20Ganjil%20(06-01-13-04-50-33).pdf

https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/

https://media.netflix.com/id/about-netflix

https://www.keypoo.com/kelebihan-dan-kekurangan-layanan-netflix/

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s